Jumat, 06 Desember 2019 |
Wisata & Budaya

Satgas Pamtas Yinif R 142/KJ Latih Anak-anak Tari Likurai

Minggu, 10 November 2019 08:30:33 wib

JAMBIDAILY BELU - Personel Pos Nunura Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ mendukung kegiatan melatih anak-anak melaksanakan tari likurai (tarian penyambutan) dalam rangka penyambutan kegiatan Bakti Sosial di Desa Tohe Kec. Raihat Kab. Belu NTT.

Hal ini di sampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT (9/10/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ini merupakan cara personel Satgas Pamtas dalam menghormati kebudayaan setempat, dan merupakan ilmu pengetahuan yang perlu dipelajari setiap orang, sehingga kebudayaan yang ada di Indonesia tidak hilang terkikis dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wadanpos Nunura Sertu Ricky beserta 6 personel lainnya, karena sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan di daerah penugasan, 2 orang personel distandby kan untuk melaksanakan pengamanan di sekitar lokasi kegiatan, hal ini dalam rangka menghindari sesuatu hal yang tidak kita inginkan," ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.
       
"Sebagaimana kita ketahui bersama, tarian likurai ini sering sekali digunakan sebagai tarian adat sekaligus tarian penyambutan, apabila ada pejabat yang berkunjung ke daerah mereka, masyarakat sering sekali menggunakan tarian penyambutan mengunakan tarian likurai, kegiatan penyambutan dengan mengunakan tarian sendiri sudah dilakukan turun temurun dari nenek moyang mereka dahulu," imbuhnya.

Selain untuk mempelajari tarian daerah yang berasal dari NTT, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana silaturahmi antara warga Desa Tohe dengan personel Pos Nunura dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok Satgas Pamtas sebagai Satuan Pengamanan Perbatasan RI-RDTL.

Terpisah, Mama Ettel (40) yang merupakan salah satu warga dan sekaligus pelatih tari tersebut menyampaikan terima kasih kepada personel Pos Nunura  atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada personel Pos Nunura yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menampilkan tarian daerah kami bersama personel TNI dan kami sangat bangga dapat menampilkan dalam rangka bakti sosial kali ini," ungkapnya

Senada dengan apa yang disampaikan Dansatgas, Sertu Ricky selaku Wadanpos Nunura menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kedekatan dan jalinan silahturahmi yang baik antara personel satgas dengan masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kedekatan kami kepada masyarakat dan walaupun kami berbeda-beda suku, agama dan adat, tapi kami tetap satu yaitu merah putih," tandasnya.

KOMENTAR DISQUS :

Top