Senin, 30 Maret 2020 |
Kesehatan & Olahraga

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Peduli Gizi Anak di Perbatasan

Rabu, 26 Februari 2020 12:37:01 wib
JAMBIDAILY NTT - Salah satu faktor penentu kemajuan Negara Indonesia adalah Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang berasal dari generasi penerus Bangsa di seluruh wilayah (NKRI) Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk anak-anak yang berada di sepanjang wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste.

TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) khususnya, telah memberikan perhatian bagi putra-putri terbaik yang berasal dari wilayah perbatasan berupa alokasi khusus penerimaan calon prajurit TNI AD yang berasal dari daerah perbatasan, salah satunya Nusa Tenggara Timur.

Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan mempunyai Gizi yang baik tentunya diperlukan tenaga pendidik serta perbaikan Gizi untuk anak - anak Indonesia dalam hal ini anak - anak perbatasan.

Dalam rangka membantu kekurangan Guru (Tenaga Pendidik) dan pemenuhan gizi anak-anak di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ, melalui Pos Dafala yang dipimpin Serda Surbakti selaku Wadanpos bersama 5 orang personel memberikan bantuan tenaga pendidik serta membagikan bubur dan Susu kepada anak-anak Sekolah Dasar Katholik (SDK) Dafala yang berada di Dusun Dubasa A Desa Dafala Kecamatan Tasifeto Timur.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M melalui Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Kabupaten Belu, NTT, Rabu (26/2/2020).

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan bahwa dengan minimnya Sarana dan Prasarana yang ada di wilayah perbatasan adalah salah satu faktor penentu hasil kualitas Sumber Daya Manusia di suatu daerah, sehingga Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ selalu berupaya untuk memberikan solusi terbaik dalam rangka mendukung Pembangunan Pemerintah di Daerah serta memberikan motivasi, semangat dan pengetahuan kepada Masyarakat perbatasan tentang persaingan Globalisasi di masa mendatang, berupa pemenuhan Gizi.

Termasuk Bantuan Tenaga Pendidik, Renovasi Sarana dan Prasarana Pendidikan, perpustakaan keliling hingga transportasi antar-jemput calon generasi penerus Bangsa dalam menuntut ilmu, ujar Ikhsanudin.

"Dengan adanya bantuan tenaga pendidik dari personel kami yaitu Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan kekurangan guru guna mengambil peran dalam memajukan pendidikan di sekolah-sekolah yang ada di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste," ungkap Ikhsanudin.

Kegiatan pemberian bantuan tenaga pendidik untuk sekolah-sekolah, dilaksanakan oleh personel kami yang berada di Pos Dafala sebanyak tiga kali dalam satu minggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Sabtu. "Dengan bekal pengetahuan, ilmu serta pengalaman yang telah diberikan kepada beberapa personel kami disetiap pos pada saat pelaksanaan Pratugas di Homebase, menjadi modal dasar bagi kami untuk memberikan solusi dalam rangka mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan di daerah penugasan," ujar Ikhsanudin.

Selain memberikan bantuan tenaga pendidik di sekolah, personel kami di Pos Dafala juga membagikan bubur dan susu secara gratis untuk anak-anak yang sedang menuntut ilmu di Sekolah Dasar Katolik (SDK) Dafala demi menunjang gizi mereka. "Melalui pembagian bubur dan susu kepada anak anak diharapkan dapat menunjang gizi mereka guna mencapai daya berfikir yang lebih baik pada saat belajar, karena generasi yang cerdas diimbangi dengan asupan gizi yang seimbang" ucap Letkol Inf Ikhsanudin.

Harapan saya kepada personel kami yang berada disepanjang wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste agar mereka selalu dapat menjalankan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara maksimal serta mepaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan dalam rangka mendukung pembangunan dan mengatasi setiap permasalah sosial yang timbul di tengah-tengah lingkungan masyarakat perbatasan," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Sementara itu, Ibu Filsiana Aluk, S.Pd (42) selaku Kepala Sekolah SDK Dafala menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Dafala. "Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI, khususnya dari Pos Dafala yang telah meluangkan waktunya disela-sela menjalankan tugas menjaga wilayah perbatasan untuk memberikan bantuan tenaga pendidik serta memberikan bubur dan susu secara gratis untuk anak didik kami," ungkap Ibu Filsiana Aluk.

Terpisah, Kapten Inf Nurmansyah selaku Danpos Dafala menyampaikan tanggapannya atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh personelnya di SDK Dafala untuk kebaikan generasi penerus Bangsa. "Kami TNI terlahir dari rakyat, untuk rakyat dan kembali kepada rakyat, dan kami siap membantu kesulitan masyarakat demi kemajuan Bangsa kita bersama," tandas Nurmansyah. (penremgapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top