Rabu, 11 Desember 2019 |
Ekonomi

Sekda: Ketahanan Pangan Itu Harus Buang Ego Sektoral

Jumat, 10 Juli 2015 01:08:40 wib
Sekda Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap (doc.jambidaily.com)

JAMBIDAILY EKONOMI-Menguatkan ketahanan pangan harus diciptakan melalui koordinasi, integrasi dan sinkronisasi di lingkup kerja dewan ketahanan pangan, maupun antar satuan kerja organisasi di luar dewan ketahanan pangan.

"Kita harus membuang ego sektoral, karena apabila ego sektoral masih ada maka program nasional akan gagal, karena untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional harus bersinerji dan mensinkronisasikan program-programnya,"ingat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Ridham Priskap mewakili Gubernur Jambi, Rabu (08/07) membuka rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Jambi pada tahap I tahun 2015 di ruang Mayang Mangurai Aula Bapeda Provinsi Jambi dengan tema "Kita upayakan pencapaian dan strategi mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan di Provinsi Jambi".

Melalui Rapat koordinasi ini akan dibahas beberapa hal, antara lain, tentang isu strategis ketahanan pangan tahun 2015-2016, kontribusi distribusi dan harga pangan, serta kondisi konsumsi dan keamanan pangan di Provinsi Jambi.

Sekda H. Ridham Priskap dalam kesempatan sambutan menyatakan menjelaskan maksud ketahanan pangan sebagai kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari ketersediaan, jumlah dan mutu yang aman, merata dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Ia juga menyatakan pentingnya sinergi dalam menatap persaingan global.

Dari sisi ketahanan pangan dan hubungannya dengan inflasi Sekda menjelaskan bahwa saat ini barang-barang penyumbang inflasi di Provinsi Jambi bukan lagi barang-barang langka yang harus diimpor dari luar negeri. Justru penymbang inflasi terbesar disebabkan oleh fluktuasi harga pangan yang sebenarnya ada di kebun-kebun masyarakat kita seperti sayur mayur, kangkung, ikan, dan juga termasuk jengkol.

Dalam sambutannya Hartono kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, mengatakan rapat ini di ikuti oleh seluruh perwakilan dewan ketahanan pangan se Provinsi Jambi.

"Tujuan diadakan rapat ini adalah mensinkronisi program-program ketahanan pangan di kabupaten/kota se Provinsi Jambi," ungkapnya.(jambidaily.com/HMS/MAR)

KOMENTAR DISQUS :

Top