Senin, 19 Agustus 2019 |
Jurnal Publik

Sering Mati Rasa, Bisa Jadi Gejala Awal Stroke Pada Wanita

Kamis, 29 Oktober 2015 14:26:29 wib
Lemas (ilustrasi)

Oleh: Desi Irawati

JAMBIDAILY JURNALPUBLIK-Sering Mati Rasa, Bisa Jadi Gejala Awal Stroke Pada Wanita.  Bicara soal gejala awal stroke pada wanita, sebenarnya cukup beragam dan berbeda-beda. Salah satunya memang adalah sering mati rasadan lemah pada salah satu sisi tubuh. Jika Anda sering mendapati hal tersebut, harap waspada! Sebisa mungkin segera konsultasikan diri Anda dengan dokter ahlinya. Jangan lupa pula untuk pastikan diri sudah menjadi bagian dari BPJS Kesehatan.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dirujuk ke salah satu fasilitas kesehatan yang di-cover oleh BPJS.

Nah, mengapa kami kali ini membahas stroke yang khususnya pada wanita. Berdasarkan data yang ada ternyata wanita lebih berpotensi terkena stroke ketimbang pria. American Heart Association mendapati bahwa lebih dari 100 ribu wanita usia di bawah 65 tahun akan diserang stroke.

Beberapa faktor risikonya adalah penggunaan kontrasepsi oral dan kehamilan yang berkaitan dengan perubahan hormon. Selain itu, gejala migrain dengan aura atau sakit kepala yang berpadu dengan gejala neurologis turut meningkatkan risiko terjadinya stroke.

Penanganan terbaik tentu saja adalah dengan mencegah terjadinya serangan yang melumpuhkan ini. Pelajari apa saja gejala awal stroke pada wanita, dengan begitu Anda bisa segera memperoleh penanganan yang tepat!

Berikut Gejala Awal Stroke pada Wanita

1.    Mati rasa atau lemah pada sisi tubuh

Jika Anda secara tiba-tiba mengalami mati rasa atau lemah pada salah satu sisi tubuh, tanda tersebut adalah gejala awal stroke yang paling umum. Hal ini umumnya terjadi pada kaki dan lengan dan juga setengah sisi wajah.

2.    Sakit kepala parah

Namun gejala ini biasanya muncul pada stroke hemoragik yang lebih sedikit terjadi ketimbang stroke iskemik (pembekuan darah yang akhirnya menghambat darah dan oksigen disalurkan ke otak). Stroke hemoragik terjadi pada saat pipa pembuuh darah pecah dan di otak akhirnya terjadi pendarahan. Akan tetapi tingkat kematian jenis stroke ini cukup tinggi.

3.    Gangguan bicara

Ya, Anda pasti sudah tidak asing dengan gejala stroke satu ini. Bicara cadel atau sulit mengucapkan kata-kata adalah salah satu tanda awal gejala stroke. Jadi, ketika Anda mengalami ini, segera peroleh penanganan dokter yang tepat. Dengan begitu, gejala lebih parah dari stroke bisa dicegah.

4.    Penglihatan terganggu

Mati rasa pada salah satu sisi turut memengaruhi kemampuan mata Anda untuk melihat pula. Anda tidak kehilangan seluruh penglihatan, melainkan salah satunya. Jadi pandangan mata bisa hilang pada salah satu, bisa mata kiri atau mata kanan. Hal ini terjadi karena saraf optik dan bola mata baik-baik saa tetapi lokasi tempat segala informasi diproses terjadi kerusakan.

5.    Terdapat salah satu atau semua gejala awal stoke tersebut

Gejala awal stroke yang tiba-tiba harus jadi peringatan bagi Anda untuk segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Segera kunjungi rumah sakit terdekat! Gejala-gejala yang menjadi penanda awal stroke, meski salah satu gejala saja – tetap adalah gejala awal serangan stroke. Jika tidak segera ditangani maka kesempatan untuk melawan stroke akan semakin ‘tipis’.

Untuk itu, proteksi diri Anda sedini mungkin dengan jaminan kesehatan terbaik dari BPJS Kesehatan. Kemudian, jalani hidup sehat – mulai dari pola makan yang tepat, aktivitas gerak yang tidak kurang dan juga istirahat secukupnya dan hindari stres berlebih.

Dengan begitu, bukan mustahil Anda bisa lepas dari serangan tiba-tiba yang mematikan ini. Ya, stroke memang menyerang seseorang secara cepat. Salam hidup sehat!(jambidaily.com/*)

 

Penulis adalah Talent management & Social Media

 

KOMENTAR DISQUS :

Top