Senin, 20 Mei 2019 |
Nasional

Siapkah Indonesia Hadapi Ancaman Cacar Monyet dari Singapura?

Selasa, 14 Mei 2019 17:03:50 wib
Potensi masuknya cacar monyet dari Singapura perlu diantisipasi (Foto: Pradita Utama)

JAMBIDAILY NASIONAL - Indonesia harus selalu waspada dalam menghadapi wabah penyakit yang bisa datang kapan saja dan tidak terduga. Seperti kasus monkeypox atau cacar monyet yang sedang terjadi di Singapura dan berpotensi untuk masuk ke Indonesia.

"Dalam menghadapi ancaman Monkeypox di Indonesia, pemerintah telah melaksanakan program kemawasan dini mengenai penyakit monkeypox melalui sarana informasi, komunikasi dan edukasi dan sedang menyiapkan surat edaran kewaspadaan monkeypox kepada daerah yang berpotensi tertular," tutur Dr Tb A Choesni, Plt Deputi Peningkatan Kesehatan, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), saat dijumpai detikHealth di Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Choesni menambahkan, Kemenko PMK telah melakukan koordinasi dan upaya pengendalian untuk mengantisipasi penyakit baru. Saat ini sedang dilakukan penjajakan tentang seberapa jauh wabah cacar monyet ini akan masuk ke Indonesia. 

"Temen-temen dari kemenkes sudah antisipatif cuman memang soal kesiapan, kita sudah siap tapi kita akan selalu memperbaiki kapasitas kita maka dari itu kita kerjasama," lanjutnya. 

Selain itu, setiap provinsi pun dirasa harus memiliki kemampuan untuk menangani masalah kesehatan lainnya, terutama di daerah yang berpotensi besar terjangkit wabah tersebut. 

 


(kna/up)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top