Jumat, 24 Mei 2019 |
Politik

Surat Suara Pemilu 2019 Tiba, Mobil Pengangkut Terpuruk di Kantor KPU Kota Jambi

Rabu, 06 Maret 2019 05:30:59 wib

JAMBIDAILY POLITIK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Jambi menerima surat suara pemilu 2019 tahap II, Selasa (05/03/2019) malam di Jalan Manado (Samping GOR) Kotabaru Kota Jambi.

"Terkait bongkar pertama mengacu pada kontrak bahwa proses bongkar muat dilakukan di jam kerja, maka kita KPU tadi sudah konfirmasi dengan Bawaslu itu akan dilakukan pembongkaran pagi hari sampai selesai," Ungkap Yatno S.Pdi, Ketua KPU Kota Jambi.

Surat suara yang seharusnya tiba pada, Senin (04/03/2019) tersebut mengalami berbagai kendala mesin dan kondisi jalan buruk, sehingga terlambat dari jadwal perkiraan.

"Kami mengalami kerusakan mesin beberapa kali, diantaranya Lampung, Mesuji, Palembang, Sungai Lilin, Bayung Lincir. Tak hanya itu, masalah juga pada jalan contohnya itu Sungai lilin parah itu, sudah tidak ada jalan pilihan lagi. Seharusnya (Senin, 04/03/2019) kemarin kami tiba di Jambi perjalanan 4 hari, jadi molor 5 hari," Cerita Awi, Sopir Truk.

Bahkan Truck Intercooler setibanya di KPU mengalami masalah yaitu halaman memiliki struktur tanah yang empuk, Tak ayal Truck berbeban 26 Ton lebih tersebut terperosok dan sulit untuk melepaskannya hingga Pukul 01.00 wib dinihari tidak berhasil, KPU terpaksa menunggu pagi ini (Rabu, 06/03/2019) dan akan dibawa ke Gudang Astaka yang berada di Arena Eks MTQ.

"Masalah terpuruk ini adalah kejadian diluar perkiraan kami KPU maupun Bawaslu. Kita awalnya bicara keamanan dari logistik ini, maka tadi dari hasil rapat, mobil akan dimasukkan kedalam. Kita tidak melihat kondisi beban mobil dengan jalan. Sebelumnya itu bisa kontainer masuk, apakah ini faktor cuaca sebelumnya karena hujan sehingga kelembapan itu maka terjadi kendala," Terangnya menambahkan.

Adapun Jumlah Asumsi logistik pemilu yang tiba adalah, Kota Jambi Dapil 1, 2, 3 sejumlah 394 Box, Dapil 4: 133 Box, Sisa penambahan untuk DPR RI: 224 Box dan DPRD Provinsi: 824 Box.

"Logistik yang sampai ini adalah penambahan kekurangan sebelumnya. Untuk total surat suara saya belum lihat surat jalannya, belum dibongkar karena pihak ekspedisi pun belum bisa karena itu akan diserahkan setelah proses bongkar dilakukan di KPU," Jelas Yatno, kepada awak media.

Sementara itu untuk surat suara Pemilihan presiden (Pilpres) dijadwalkan menuju kota Jambi pada Jum'at, 8 Maret 2019.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top