Rabu, 29 Januari 2020 |
Politik

Susahnya Maju Pilkada dari Jalur Independen

Selasa, 16 Juni 2015 13:05:51 wib

JAMBIDAILY POLITIK-Perjuangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 dari jalur perseorangan atau independen ternyata sangat menguras energi. Mereka harus naik turun gunung dari kampung ke kampung mengumpul KTP dan surat keterangan domisili desa.

Marsel Sudirman, salah satu calon Bupati dari jalur perseorangan kepada VIVA.co.id, Minggu malam 14 Juni 2015, mengungkapkan betapa susahnya dia dan tim kerjanya menghimpun KTP di 162 desa di 11 kecamatan di Manggarai. Kata dia, waktu pengumpulan data dukungan bahkan menghabiskan waktu hingga setahun.

"Kerja berdarah-darah hampir setahun berhasil mendapatkan data dukungan  mencapai 35 ribu KTP dan surat keterangan Domisili," kata Marsel Sudiman, prajurit TNI berpangkat Mayor Infanteri itu.

Meski sudah melewati ambang batas dukungan yakni 8,5 persen dari jumlah penduduk atau setara 26.836 KTP dan surat domisili, namun sejumlah pekerjaan berat masih harus dikelarkan.

"Dari mulai penggandaan data dukungan rangkap tiga yang bisa mencapai 100 an ribu eksemplar, lalu data dukungan di posting satu per satu ke dalam dua format aplikasi KPU di tambah penempelan materai 6000 di hampir 1000 dokumen penting. Untuk mengerjakan itu kami mengerahkan 50 relawan," ujar Mayor Marsel, begitu ia disapa.

Pria yang saat ini masih menjabat Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1612 Manggarai, sudah siap menyerahkan data dukungan berupa soft copy dan hard copy ke KPU paling lambat Senin 15 Juni.

"Tinggal sehari lagi jadwal penyerahan dokumen ditutup. Kami optimis semuanya selesai H-1 batas penyerahan. Tahap ini kami berusaha keras untuk naik status dari bakal calon menjadi calon tetap," kata kandidat Bupati yang berpasangan dengan Cabup Frans Bustan itu.

Juru bicara KPU Kabupaten Manggarai, Apolonaris rokefeler, mengatakan waktu yang disediakan bagi kandidat independen untuk menyerahkan dokumen hanya tiga hari.

"Ditutup pada Senin besok pukul 16.00 Wita," kata Apol.

Dia menjelaskan, dokumen data dukungan dari kandidat independen akan diverifikasi lagi.

"Kalau masih ada kekurangan, KPU memberi waktu 14 hari untuk perbaikan," Apol menerangkan.

"Jika sudah dinyatakan lengkap mereka yang dari independen akan mendaftar ke di KPUD bersama dengan pasangan calon dari Parpol pada 26-28 Juli."

Sumber: Viva.co.id

KOMENTAR DISQUS :

Top