Minggu, 22 September 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Tanamkan Nasionalisme, Satgas Yonif R 408 dan Warga Kibarkan Merah Putih di Bukit Haoljab

Sabtu, 17 Agustus 2019 20:41:03 wib

JAMBIDAILY BELU, NTT – Rasa cinta, hormat, dan bangga atas jasa para pahlawan, ditunjukkan Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH dengan mengajak warga wilayah perbatasan RI-RDTL khususnya masyarakat Lakmanen Selatan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di Bukit Haoljab.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH, Mayor Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (16/8/2019)

Diungkapkan Dansatgas, upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan Pos Fohuk Satgas Yonif 408 pada Kamis (15/8) tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Camat Lakmanen Selatan, Wendelinus meak Mali S.E.

“Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dengan ukuran 7 x 4 meter ini melibatkan kurang lebih 400 orang yang terdiri dari prajurit TNI, unsur pemerintah, masyarakat serta anak-anak Pramuka tingkat SD sampai dengan SMP se-Kecamatan Lamaknen Selatan,” ungkap Joni.

Sebelum pelaksanaan pengibaran bendera, Joni menambahkan bahwa Satgas bersama dengan masyarakat terlebih dahulu melaksanakan kirab Bendera Merah Putih sejauh kurang lebih 5 KM. Pelaksanaan kirab ini di mulai dari Kantor Kecamatan Lamaknen Selatan menuju Bukit Haoljab.

“Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kita, untuk merebut kemerdekaan Indonesia butuh perjuangan keras dan sangat panjang dari para pahlawan, sehingga kita sebagai penerus wajib menghormati dan melanjutkan perjuangan pahlawan yang sudah meninggalkan kita dengan cara mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan positif dan bermanfaat,” tandasnya.

Wendelinus meak Mali mengungkapkan apresiasi kepada Satgas Yonif 408 khususnya Pos Fohuk atas terselenggaranya kegiatan pengibaran bendera di wilayah perbatasan yang berjalan dengan aman dan lancar.

“Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Haoljab diharapkan sebagai sarana menanamkan jiwa Nasionalisme kepada masyarakat perbatasan,” ucapnya.

Senada dengan Camat, salah satu tokoh masyarakat, Benediktus oes, menyampaikan bahwa masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan yang telah dilakukan dengan personel Satgas. Harapannya, kegiatan seperti ini tidak berhenti, dan terus dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya. (Dispenad)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top