Selasa, 22 Oktober 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Terbukti, Orang yang Pelupa Sebenarnya Lebih Cerdas dari yang Kamu Duga!

Kamis, 05 Oktober 2017 08:09:41 wib
Pelupa sebenarnya tanda otak cerdas/copyright Shutterstock.com

JAMBIDAILY TREND, Pendidikan - Sering kelupaan di mana terakhir kali kamu meletakkan kontak sepeda motor, lipstik favorit atau kunci rumah? Mungkin sebenarnya kamu lebih cerdas dari yang kamu duga lho, ladies.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Neuron mengungkapkan bahwa melupakan hal-hal kecil itu hal yang normal, ini adalah tanda otakmu sehat dan bisa berarti tanda bahwa otakmu sedang menyisihkan ruang untuk informasi-informasi yang lebih berguna untuk ke depannya.

Penting bagi otak berfungsi melupakan beberapa hal yang sekiranya sepele atau tidak terlalu penting dan berfokus pada hal-hal yang lebih penting dan sekiranya akan kamu butuhkan dalam membuat keputusan atau jangka panjang, ungkap Blake Richards, peneliti University of Toronto.

Peneliti menemukan bahwa sebenarnya otak tidak serta merta menyimpan memori dan mengirimkan semua informasi untuk disimpan dari waktu ke waktu, melainkan mengoptimalkan penyimpanan memori yang berperan dalam pengambilan keputusan, menyimpan apa yang penting dan melepas apa yang tidak.

Bahkan kamu akan menyadari bahwa kamu sudah banyak melupakan apa yang kamu pelajari di sekolah dulu saat kamu sudah bekerja, padahal kamu dulu sangat pandai dan hafal betul dengan pelajaran tersebut. Hal ini terjadi karena otak sudah memilah mana memori yang kira-kira kamu butuhkan dan mana yang tidak saat ini.

Hal ini umumnya terjadi pada orang-orang yang punya kesibukan padat, punya banyak aktivitas dan otak cerdas yang setiap harinya menerima informasi penting untuk disimpan di dalam otak. Orang yang tidak banyak kegiatan atau kerjaan mungkin jarang mengalaminya.

Jadi, sebenarnya ketika kamu menjadi pelupa mengenai hal-hal kecil, sebenarnya ini tanda otakmu cerdas dan sedang menyaring mana informasi yang penting untuk disimpan dan mana yang tidak.

Kemungkinan besar kamu tak akan punya waktu untuk mengurusi kehidupan orang lain karena informasi seperti itu pasti akan dibuang oleh otak, karena ada banyak hal yang lebih penting untuk diingat dan dikerjakan.

 

(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top