Minggu, 18 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya - Advetorial

Terus Semangat, Bupati dan Wabup Merangin Safari Ramadan Terpisah

Senin, 13 Juni 2016 20:56:14 wib
Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein, melakukan perjalanan Safari Ramadan 1437 H

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Terus bersemangat, Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein, melakukan perjalanan Safari Ramadan 1437 H di dua tempat yang berbeda. Bupati bersama rombongan Safari Ramadan ke Desa Rantau Suli Kecamatan Jangkat Timur. Sedangkan Wabup dan rombongan Safari Ramadan ke Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat.

‘’Kami sama-sama ke Jangkat, namun sampai di Simpang Danau Pauh kami berbagi wilayah, Pak Wabup ke Rantau Kermas, saya ke Rantau Suli,’’ujar Bupati.

Di Desa Rantau Suli bupati dan rombongan buka puasa di rumah Kades Rantau Suli, dilanjutkan Shalat Magrib, Isya dan Tarawih di Masjid Nurul Iklas. Sebelum Shalat Tarawih, ada takziah yang disampaikan Ustadz Kadir Jaelani.

Usai Tarawih seluruh jemaah tidak langsung bubar, tapi mendengarkan pengarahan dari Bupati Merangin. Dalam pengarahannya bupati menjelaskan, pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak.

‘’Pengajian antara Magrib dengan Isya atau antara Ashar dengan Magrib harus dihidupkan di setiap masjid. Pada jam itu tidak ada televisi yang menyala di rumah, anak-anak Merangin harus ke masjid mengikuti pengajian tersebut,’’pinta Bupati.

Bupati juga menyarankan untuk menggelar pengajian usai Shalat Subuh sampai pukul 06.00 Wib. Tujuan pengajian itu jelas bupati, agar anak-anak menguasai ilmu agama, terutama baca tulis Al Quran.

Di eraglobalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, bupati mencemaskan rusaknya generasi penerus bangsa. Dimana anak-anak sangat rentan terhadap berbagai pengaruh negatif, makanya bupati luncurkan program penyuluh agama satu kecamatan satu orang.

Jika anak-anak dari usia dini telah dibekali ilmu agama lanjut bupati, kedepannya akan memiliki pondasi yang kuat untuk menepis pengaruh negatif. Pada kesempatan itu, bupati terimakasih pada warga Jangkat yang terbiasa turun ke sawah menanam padi.

Kondisi itu berdampak pada tercapainya target tanam padi di Kabupaten Merangin. Bupati juga salut dengan warga Jangkat Timur, yang sukses menggelar Pilkades serentak tanpa kerusuhan. Di ujung acara, bupati memberikan bantuan dana pembangunan masjid.

Sementara itu, Wabup dan rombongan saat Safari Ramadan ke Desa Rantau Kermas melakukan buka puasa bersama di rumah Kades. Usai buka dilanjutkan Shalat Magrib, Isya dan Tarawih di Masjid Zahrul Islam.

Setelah Tarawih, digelar takziah yang disampaikan Ustadz Zostapia. Kepala Kantor Kementerian Agama Bangko itu, mengupas habis dahsyatnya bulan suci Ramadan,-    bulan penuh pengampunan dan berkah.

Wabup Merangin H A Khafid Moein dalam pengarahannya, minta para pegawai Syarak di setiap desa dapat meningkatkan kinerjanya dengan mengaktifkan pengajian antara Magrib dengan Isya.

Selain itu, Wabup mengaku sangat berterimakasih kepada warga Desa Rantau Keremas dan warga Marga Serampas umumnya yang telah bersusah payah menjaga keutuhan hutan dan tidak mencemari daerah aliran sungai.

Hal ini mengingat bahaya dari daerah aliran sungai, yang tercemari akibat penambangan emas tanpa izin di daerah lainnya sangat mengancam kehidupan. Banjir sering kali terjadi di susul longsor di mana-mana.

Wabup juga sangat kagum atas dibentuknya Lembaga Adat Marga Masyarakat Serampas. ‘’Keberadaan lembaga adat ini tidak lain tidak bukan, demi menjaga kelestarian hutan TNKS yang berada di kawasan Marga Serampas,’’ujar Wabup.(*)


Penulis      : Teguh
Editor       : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top