Kamis, 21 November 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Tingkatkan Minat Membaca dan Menulis, Kantor Bahasa Jambi Gelar Gerakan Literasi Nasional

Jumat, 03 Mei 2019 09:38:39 wib
Foto: jambidaily.com/HendryNoesae

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Kantor bahasa provinsi Jambi adakan seminar gerakan literasi nasional bagi pelajar, mahasiswa dan guru di kota Jambi selama dua hari 3 s.d 4 Mei 2019 di Grand Hotel, Jalan Patimura kota Jambi.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Saiful Bahri Lubis, S.S dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar bertema "Menggeliatkan Minat Memmbaca dan Menulis Masyarakat di Era Digital" akan berlangsung dua hari hingga (Sabtu, 04/05/2019)

"Kami melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk supaya terus bergeliatnya literasi, tidak hanya dikalangan anak-anak pelajar, namun juga semua kalangan. Hari ini dengan mahasiswa dan penggiat literasi, besok seminar ini akan dihadiri para guru-guru SMP dan SMA. Kami ucapkan terima kasih atas kehadirannya dan memohon maaf jika masih ada kekurangan dalam penyelenggaraan," Ujar Saiful Bahri Lubis, S.S.

Hadir sebagai pemateri dalam seminar yang diikuti oleh 400 orang peserta tersebut, sastrawan top Indonesia, Gola Gong dan Kepala badan pengembangan bahasa dan perbukuan Kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia, Prof Dr Dadang Sunendar, M.Hum.

"Literasi itu adalah semua kecakapan kita dalam kehidupan sehari-hari, dulu belum dikenal kata literasi, karena kita lebih sering mendengar kata Ayo Menabung, Ayo Membaca dan lainnya padahal itu adalah Literasi," Jelas Prof Dr Dadang Sunendar, M.Hum.

Selain pemateri, dalam seremonial pembukaan seminar turut hadir Sekda Provinsi Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM; Drs H Ahmad Bastari M.Pd, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Jambi; Drs Ujang Hariadi, Kepala Taman Budaya Jambi; Didin Sirojudin S.Sn, tamu undangan lainnya serta 200 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan komunitas penggiat Literasi.

"Hari ini ada 200 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan komunitas penggiat Literasi. Besok ada 200 juga dari para guru-guru dengan pemateri Gola Gong, dan satu pemateri lainnya," Jelas Ikhsan, Panpel Seminar.

Sekda, melalui sambutan tertulis mengharapkan adanya dukungan berbagai pihak terutama masyarakat luas untuk keberhasilan dan tepatnya sasaran gerakan literasi nasional

"Literasi bukan hanya membaca dan menulis namun juga termasuk dalam hal buah pikiran, bahkan di masa sekarang berkembang literasi informasi. Untuk menghasilkan kecakapan tersebut tentunya butuh dukungan dari berbagai pihak, dukungan masyarakat luas akan dapat meningkatkan berhasilnya dalam gerakan literasi nasional. Selamat mengikuti seminar bagi peserta, semoga memberikan manfaat untuk kita," Tuturnya sekaligus membuka seminar secara resmi.

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top