Minggu, 25 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Tips Membuat Cendol yang Mudah Dibentuk dan Kenyal

Jumat, 24 Mei 2019 09:07:34 wib
Tips membuat cendol./Copyright shutterstock.com

JAMBIDAILY RAMADHAN, Kuliner - Keuntungan membuat sendiri cendol di rumah adalah bisa memastikan kebersihannya serta bisa lebih hemat. Membuat cendol atau dawet membutuhkan bahan-bahan yang cukup simpel. Tapi kesulitannya seringkali pada proses mencetaknya dan tingkat kekenyalannya.

Untuk membuat cendol yang mudah dibentuk dan hasilnya kenyal, ada beberapa tips nih yang bisa dicoba. Biar cendol yang kita buat hasilnya sempurna, sejumlah langkah ini perlu diperhatikan. Langsung saja simak keterangannya di sini, ya.

1. Pastikan Adonan Tidak Menggumpal Saat Diaduk

Kita bisa menggunakan tepung beras dan tepung sagu untuk membuat cendol yang kenyal. Dalam proses pembuatannya, setelah air mendidih, masukkan adonan tepung sedikit demi sedikit. Pastikan sambil terus diaduk, ya. Jangan sampai menggumpal. Setelah tercampur rata dan tidak menggumpal, baru kita bisa mematikan kompor.

2. Siapkan Air Es dalam Baskom

Selain menyiapkan cetakan cendol, kita juga perlu menyiapkan air es dalam baskom. Kenapa harus air es? Air es ini berfungsi untuk menghentikan proses memasak dari cendol yang kita cetak. Sehingga nanti teksturnya bisa lebih kenyal dan cendol yang sudah dicetak tidak lengket satu sama lain. Bentuk cendol pun bisa lebih cantik.

3. Adonan Cendol Dicetak Selagi Masih Panas

Proses pencetakan perlu dilakukan saat adonan cendol masih panas. Bila kita menunggu adonannya dingin dulu baru dicetak, nantinya hasilnya malah akan berantakan. Selagi masih panas, adonan cendol perlu langsung kita cetak dengan sesegera mungkin.

Itu tadi tiga tips dasar yang bisa dicoba untuk membuat cendol yang mudah dibentuk dan kenyal. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 


(fimela.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top