Rabu, 23 Oktober 2019 |
Suaro Wargo

Ulvi Sari: Manfaat Mengkonsumsi Gandum Bagi Kesehatan

Senin, 17 Juni 2019 06:38:49 wib

JAMBIDAILY SUARO WARGO - Gandum adalah tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi makanan pokok manusia, tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol.di dalam gandum juga terdapat nutrisi yang penting bagi tubuh seperti karbohidrat, serat, protein, asam folat atau vitamin B9, fosfor, mangan, dan selenium. Jika ingin mengkonsumsi gandum atau olahannya, di sarankan untuk memilih yang terbuat dari gandum utuh (wholw wheat). Gandum utuh kaya akan serat yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan kita. Berikut beberapa manfaat gandum utuh :

1. Gandum utuh memiliki banyak serat 
Salah satu alasan untuk mengkonsumsi gandum adalah serat. Menurut wesley Delbridge, RD dari Academy of Nutrition and Dietetics, orang dewasa membutuhkan 25-39 gram serat per hari. Dan gandum bisa memenuhi itu, karena gandum memiliki serat yang bisa membuat kenyangh lebih bertahan lama. Karna itulah mengapa banyak orang yang memilih mengkonsumsi beras merah ketimbang beras putih untuk resep makan sehat.

2. Membantu pencernaan
Gandum utuh juga sangat membantu pencernaan. Kandungan serat yang membuatgerakan usus lebih teratur. Delbrige mengatakan studi membuktikan orang yang makan leih banyak serat tidak perlu obat pencahar.

3. Mengontrol berat badan
Berat badan orang yang banyak mengkonsumsi gandum utuh biasanya stabil ketimbang yang tidak mengkonsumsi gandum utuh. Apalagi, gandum membuat kenyang bertambah lebih lama. Sehingga tidak perlu makan lagi.

4. Menurunkan tingkat kolestrol
Gandum bisa mencegah tubuh menyerap kolestrol jahat. Dmpaknya, tubuh tidak rentan terkena penyakit jantung. Bahkan, gandum mencegah resiko terkena penyakit jantung. Cheung mengatakan wanita yang makan gandum utuh dua atau tiga hari sekali terhindar dari penyakit jantung.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi dan gula darah
Serat mencegah kolestrol jahat, gandum juga menurunkan tekanan darah. Ini pula yang menjadi faktor terpenting orang terkena rerangan jntung. Cheung mengatakan memaka gandum utuh bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan level gula darah.

 


...
Ditulis oleh
Nama: Ulvi Sari
Mahasiswa: Ilmu Gizi STIKES Baiturrahim Jambi.

 

 


*isi/sumber/referensi dari Artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

KOMENTAR DISQUS :

Top