Kamis, 21 November 2019 |
Wisata & Budaya

Wahyu 'Mbok' Sang Aktris Terbaik FTR 2019, Ajak Generasi Muda Teater di Jambi Jaga Semangat

Minggu, 27 Oktober 2019 20:27:49 wib
Wahyu Fitria Lestari/Foto: Ist

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Tidak pernah terpikirkan dan menjadi target untuk diri sendiri saat mengikuti ajang Festival Teater Remaja (FTR) Jambi, 24-26 Oktober 2019 yang digelar Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. Namun, sosok perempuan ini mampu meraih hasil maksimal, sehingga menyandang gelar Aktris terbaik FTR.

Bernama lengkap Wahyu Fitria Lestari, tampil apik memerankan tokoh 'Mak' dalam naskah 'Pencuri Hujan' karya Artur S Nalan, dibawah besutan sang sutradara Wahyu Cristopan, bersama Komunitas Teater KUJU FIB Universitas Jambi.

"Saya tidak menjadikan target untuk aktris terbaik, Ada motivasi sebuah penyemangat semacam guyonan saya, bahwa aku harus balik modal. Jadi dari situ kami bersinergi bersama menampilkan yang terbaik, kami terbagi dalam tiga tim, tapi kami tetap Teater Kuju. Ditanamkan sebuah semangat dalam diri masing-masing kemudian bisa bersinergi bersama dan dapat mencapai sampai titik ini. Alhamdulillah, terima kasih," Ungkap Wahyu, kepada jambidaily.com

Wahyu, Perempuan ramah juga murah senyum berdarah Jawa, kelahiran Kabupaten Bungo, Februari 1998 lalu anak pertama dari dua bersaudara. Dia meraupakan Alumni SMK Negeri 2 Kota Jambi, saat ini sedang menjalani pendidikan di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya.

"Terima kasih ini saya ucapkan sebesar-besarnya pada keluarga besar Kuju yang sudah rela, hingga tengah malam karena menyiapkan beberapa set panggung dan alhamdulillah selain mendapat Aktris Terbaik, juga dua tahun berturut-turut mendapatkan Artistik terbaik. di FTR 2019 diraih Bang Ridwan Wahid, Baldi dan kawan-kawan, Kuju luar biasa," Urai Perempuan yang biasa disapa 'Mbok' tersebut.

Saat disinggung harapannya kedepan bagi dunia teater di Jambi, Wahyu sampaikan rasa apresiasinya kepada peserta yang bahkan turut diikuti oleh pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Kedepan harapan saya, semoga perteateran di Jambi semakin maju dan untuk adik-adik peserta FTR 2019, saya pribadi terharu karena mereka memiliki jiwa-jiwa yang tidak bisa dikatakan namun bisa saya rasakan setiap adegan-adegan diatas panggung, baik yang masih Sekolah Menengah Pertama, Menengah Atas bahkan kakak yang sudah diperkuliahan. Mari kita sama-sama berproses dalam hal ini, kemudian ayook terus jaga semangat untuk memajukan perteateran di Jambi, sehingga kita dapat, tidak hanya lokal, nasional bahkan internasional kedepannya," Tuturnya.

Menariknya, Wahyu memiliki cita-cita menjadi seorang pengusaha agar dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

"Kalau cita-cita, agak berbeda dengan seni. Saya ingin punya kafe atau restoran kecil-kecilan. Namun, bisa menyenangkan semua orang, baik itu kafe makanan maupun minuman, intinya bisa buka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Buka usaha sendiri menjadi pengusaha selain berkesenian," Harapnya.

Pada kesempatan ini, Mahasiswi berhijab tersebut tak luput menyampaikan terima kasih untuk orang yang pertama kali mengajaknya berteater dan tergabung di Komunitas Teater Kuju.

"Terkhusus terima kasih pada Ikbal Fahlevi, karena dia orang pertama yang mengajak saya bergabung ke Kuju. Semoga sehat selalu, diberikan kemudahan dalam segi apapun menjalani kehidupan. Terima kasih juga buat kru panggung di TBJ yang sudah bekerja keras dalam menyukseskan setiap pertunjukan dan terima kasih untuk semuanya," Ucapnya.

Di bidang Teater, Wahyu di FTR 2018 juga turut menjadi peserta, yang disuradarai Rani Iswari, dengan raihan Prestasi juara 2 FTR 2018 dan artistik terbaik FTR 2018. Bukan itu saja, di luar kampusnya, Wahyu tergabung di Teater AiR Jambi.

Menariknya, Wahyu tercatat sebagai salah satu pemeran dengan menyabet Penyaji unggulan pada Parade Teater Daerah ke-8 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta tahun 2019.

"Saya baru satu tahun bergabung di Teater AiR, saat pergelaran Seekor Kucing dan Sebutir Kepala, Sutradara EM Yogiswara," Pungkasnya.

 

(Hendry Noesae)

 

 

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top