Jumat, 06 Desember 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Waspada! Penelitian Ini Sebut Flu Bisa Memicu Stroke

Jumat, 01 Februari 2019 06:27:42 wib
Wah, flu berat juga bisa sebabkan kanker. (Foto: shutterstock)

JAMBIDAILY KESEHATAN - Musim hujan seperti saat ini sering kali membuat kita mengalami flu. Sayangnya, masyarakat masih menganggap bahwa flu adalah penyakit biasa yang mudah sembuh dengan sendirinya.

Padahal menurut dua penelitian, flu dapat memicu stroke atau pecahnya pembuluh darah di leher. Di penelitian pertama melibatkan hampir 31.000 pasien berusia rata-rata 72 tahun dan menemukan bahwa flu dapat memicu stroke hingga 40 persen.

"Risiko tertinggi ada dalam 15 hari pertama influenza dan mulai berkurang seiring berjalannya waktu," kata peneliti utama dan asisten profesor epidemiologi di Vagelos College of Physicians and Surgeons di Columbia University, Amelia Boehme seperti dikutip dari WebMD.

Pada penelitian kedua yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Columbia menemukan bahwa flu yang terus-menerus, pada bulan berikutnya berisiko tinggi mengalami kerobekan arteri leher.

Tim yang dipimpin oleh Madeleine Hunter ini meninjau hampir 3.900 kasus robekan arteri serviks di leher pada pasien berusa rata-rata 52 tahun. Juga meninjau lebih dari 1.700 kasus flu dan menemukan 113 kasus di mana pasien yang mengalami flu selama tiga tahun kemudian mengalami robekan arteri leher. Flu kemungkinan terjadi dalam 30 hari sebelum robekan muncul.

"Fakta bahwa penelitian kami menemukan hubungan antara flu dan robeknya arteri serviks menunjukkan bahwa influenza mungkin menjadi pemicu," kata Hunter. (wdw/up)

 

(health.detik.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top