Kamis, 21 November 2019 |
Wisata & Budaya

Zola Dianugerahi Gelar ‘Depati Mudo Cahayo Negeri’ dari Kerinci

Kamis, 27 Juli 2017 20:15:05 wib
Zumi Zola/Photo: inilahjambi.com

JAMBIDAILY BUDAYA-Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dianugerahi gelar adat oleh tokoh masyarakat Desa Tanjung Pauh Hilir, Pondok Siguang, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi pada Rabu 26 Juli 2017 sore.

Selain Gubernur, Kapolda Jambi Brigjen Pol. Priyo Widyanto juga dianugerahi gelar adat Depati Mudo Tudung Negeri.

Penganugerahan gelar disampaikan dalam ritual Kenduri Psko masyarakat setempat, sekaligus even budaya Festival Masyarakat Danau Kerinci 2017.

Bupati Kerinci Adirozal menyampaikan, gelar adat yang diberikan kepada Gubernur Zola merupakan penghormatan kepada Gubernur yang telah memimpin Provinsi Jambi dengan baik.

“Bapak Gubernur telah banyak membantu kemajuan pembangunan di Kabupaten Kerinci, baik dalam pembangunan infrastruktur, maupun pembangunan pariwisata yang ada di Kabupaten Kerinci ini, khususnya dalam menjadikan Kerinci sebagai branding pariwisata nasional,” ujar Adirozal.

Sementara itu Gubernur Zola mengucapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Kerinci, khususnya masyarakat Desa Tanjung Pauh Hilir, Pondok Siguang, yang telah menganugerahinya gelar adat.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci terutama masyarakat Tanjung Pauh, yang tetap melestarikan keberagaman budaya yang ada di Kabupaten Kerinci ini,” ujar Zola.

Gubernur Zola mengungkapkan, sebagai warisan dari leluhur, maka prosesi adat kenduri pseko yang dilaksanakan oleh masyarakat Tanjung Pauh Hilir merupakan salah satu upaya untuk melestarikan adat dan budaya daerah yang ada di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Kerinci.

“Saya bersama Bapak Kapolda Jambi, tentu sangat berterimakasih sekali dengan gelar adat yang diberikan dan menjadi suatu kehormatan untuk kami berdua. Ini artinya membuat kami terikat secara emosional kepada masyarakat Kabupaten Kerinci, khususnya masyarakat Tanjung Pauh Hilir ini, dimanapun kami berada, kami akan selalu terikat,” tutur Zola. (Humas Prov Jambi)/inilahjambi.com

KOMENTAR DISQUS :

Top